Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan paling penting yang tidak normal ialah infeksi. Disini cairan banyak mengandung leukosit dan warnanya agak kekuning-kuningan sampai hijau, seringkali lebih kental dan berbau. Radang pada alat kelamin luar dan dalam dapat menyebabkan keputihan abnormal. Selain itu dapat pula ditemukan pada tumor jinak dan ganas. Dalam bahasa medis keputihan dikenal dengan nama Flour albus atau leukore. Terjadinya penyebab keputihan pada vagina wanita dewasa terdapat bakteri yang baik yang disebut dengan basil dedorlein. Dalam keadaan normal jumlah basil ini cukup dominan dan membuat lingkungan vagina bersifat asam sehingga vagina mempunyai daya proteksi yang cukup kuat. Meski begitu vagina juga mengeluarkan sejumlah cairan yang berguna untuk melindungi diri dari infeksi.

Penyebab Keputihan

Penyebab Keputihan

Penyebab Keputihan

Kenyataannya hampir sebagian besar wanita tuap maupun muda bahkan anak-anak bisa mengalami keluhan penyebab keputihan. Keputihan bagi wanita bisa dianggap sesuatu yang wajar, namun bisa juga menjadi sesuatu yang serius. Wajar atau normal bila keputihan itu bening, tidak berbau dan muncul saat masa ovulasi menjelang dan sesudah menstruasi. Selain itu keputihan normal terjadi saat wanita mengalami rangsangan seks atau birahi, atau bisa juga karena stress, hamil, mengonsumsi obat hormonal atau pil KB dan bisa juga karena menderita penyakit diabetes mellitus.

Tanda dan gejala penyebab keputihan yang serius adalah :

  1. Keluarnya cairan berlebihan seperti menstruasi
  2. Cairannya kental dan berbau busuk
  3. Berwarna kuning hingga kehijauan
  4. Menimbulkan rasa gatal sekitar vagina
  5. Muncul rasa panas pada vagina.

Agar penyebab keputihan tidak menimbulkan masalah yang lebih serius, sebaiknya berkonsultasi ke dokter ahli kandungan agar bisa diobati secara medis. Selain obat medis keputihan bisa juga diobati dan dicegah secara alami dengan menggunakan herbal atau tanaman obat, seperti kunci pepet, daun sirih, temu putih, kunyit, temulawak, daun dewa, pegagan dan mahkota dewa. Sebelum menentukan tanaman mana yang akan digunakan atau mungkin dikombinasikan harus dipastikan dulu penyebabnya lalu berkonsultasi dengan herbalis yang bisa dipercaya.

Cara Mengatasi Keputihan

Untuk mengatasi keputihan selain memastikan penyebab keputihan bisa juga  diupayakan untuk menggunakan herbal yang bisa berfungsi sebagai antibiotic untuk mengatasi radang yang bsia diminum atau obat luar, temu putih, temu kunci, temulawak, daun sirih, daun tapak liman, sambiloto dan sebagainya. Daun sirih dapat menjadi obat keputihan karena khasiatnya sebagai bahan herbal yang dapat melawan radang, infeksi, dan menghilangkan gatal-gatal. Sedangkan sambiloto dapat meredakan efek panas yang disebabkan keputihan yang meradang. Obat keputihan tradisional umumnya lebih aman untuk menyembuhkan keputihan karena kandungan alaminya yang tidak berbahaya bagi tubuh terutama organ kewanitaan. Semua dari obat keputihan di atas adalah bahan-bahan herbal yang aman sebagai obat keputihan. Namun demikian, ada pula beberapa preparat vaginal yang juga berkhasiat untuk menyembuhkan keputihan.

Masalah keputihan memang menimbulkan masalah bau vagina. Bau vagina kurang sedap membuat kita merasa risih apalagi jika sudah berumah tangga. Anda tidak usah khawatir, Anda bisa membuat ramuan alami dibawah ini untuk membantu mengatasi masalah keputihan dan juga membantu menghilangkan bau vagina secara alami. Beberapa ramuan alami untuk bau vagina adalah :

  1. Daun pandan
    Daun pandan ternyata sangat baik dalam membantu mengatasi masalah bau vagina. Kandungan euganol dan juga kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya bisa membantu membunuh kuman yang menjadi penyebab terjadinya bau vagina. Untuk membantu mencegah terjadinya kekeringan pada vagina, maka daun pandan tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai sabun cebok. Sebaiknya daun pandan ini diolah menjadi minuman kesehatan. Cara membuat ramuanini adalah ambillah 10 lembar dun pandan dan kemudian dicuci sampai bersih, tumbuklah sampai halus kemudian setelah itu disaring sambil diperas. Ambillah sarinya dan kemdian dicampurkan dengan 1 sendook madu murni. Tambahkan dengan garam sedikit saja untuk membuat rasanya lebih nikmat, aduklah dengan merata dan kemudian diminum. Minumlah ramuan ini setiap hari sebelum tidur paling tidak selama 2 minggu berturut-turut. Setelah mendapatkan hasil yang lebih baik lagi maka bisa dikonsumsi paling tidak 2-3 kali dalam seminggu.
  2. Lidah buaya
    Obat alami untuk membantu menghilangkan bau vagina adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya mempunyai kemampuan untuk membantu menghitamkan dan jga menyuburkan rambut. Manfaat lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pembersih vagina alami. Lidah buaya mengandung kandungan euganol dan juga minyak atsiri di dalamnya yang sangat baik bagi kesehatan vagina. Sebaiknya liidah buaya ini diminum dalam bentuk minuman. Ambillah daun lidah buaya kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu tumbuklah sampai halus, kemudian tambahkanlah beberapa sendok madu murni aduklah sampai merata kemudian diminum selama 2 minggu berturut-turut sebelum tidur malam. Jika sudah mendapatkan hasil yang optimal maka minumlah 2-3 kali dalam seminggu saja.

Cara merawat vagina yang baik selain dengan mengonsumsi ramuan diatas juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi yoghurt secara teratur untuk membantu menjaga keseimbangan dari kadar pH pada vagina. Dan sebaiknya hindarilah dalam mengonsumsi minuman seperti gula dengan jumla yang banyak. Selain itu hindari juga jenis makanan yang mengandung lemak karena akan menyebabkan bau vagina menjadi semakin menyengat.

Penyebab Keputihan


>>> Gunakan Tissue Majakani Untuk Menghilangkan Bau Vagina Yang Tak Sedap! KLIK DISINI!

This entry was posted in Bau Vagina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.